Wednesday, May 23, 2012

Tips Traveling buat Ibu Hamil

Nggak bisa traveling saat lagi hamil karena takut mengganggu sang calon bayi ??? Siapa bilang. Asalkan kita bisa "bijak" dalam traveling, kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada sang janin bisa dihilangkan. Biar nggak bingung, kali ini kami berikan tips yang bagus buat Ibu hamil yang kebelet mau traveling (ngidam traveling kali ya....he...he.. )

Berikut Tips nya :


1. Sebelum Anda memesan tiket, bicarakan rencana perjalanan dengan dokter Anda. Pastikan tidak ada masalah pada kehamilan Anda dan mendapat izin dari dokter.

2. Cek maskapai Anda. Periksa kembali perusahaan penerbangan untuk memastikan Anda dapat melakukan perjalanan udara. Banyak maskapai penerbangan membatasi atau sangat tidak menyarankan wanita hamil berpergian setelah 36 minggu. Mayoritas maskapai penerbangan juga memerlukan sertifikat medis untuk mendapatkan persetujuan terbang pada trimester terakhir.

3. Pakailah sepatu yang nyaman. High heels tentunya sangat tidak direkomendasikan karena akan menambah beban yang diangkat kaki Anda. Pakailah flats yang mudah dilonggarkan. Pakai baju yang longgar dan bawa baju hangat untuk menjaga suhu tubuh.

4. Usahakan datang lebih cepat ke bandara agar pada saat check in, Anda dapat memilih tempat-tempat yang nyaman. Berikut beberapa tempat yang nyaman dalam pesawat:

Kursi dekat toilet. Anda tidak perlu berjalan jauh untuk membuang air.
Kursi dekat lorong/ jalan. Dengan duduk di posisi tersebut Anda tidak harus berhimpit-himpitan untuk meraih tempat duduk.
Kursi dekat pintu darurat tengah. Kursi ini biasanya memiliki ruang yang cukup lapang untuk meluruskan kaki


5. Bawalah makanan sendiri selama dalam perjalanan. Pastikan makanan yang Anda bawa memiliki nutrisi yang lengkap. Jangan lupa membawa buah segar atau jus kaleng. Namun Anda harus menghindari fast food.


6. Jika perjalanan Anda memakan waktu yang cukup lama, usahakan untuk berjalan-jalan setiap setengah jam sekali. Akan lebih mudah jika Anda duduk di dekat lorong.


7. Setiap beberapa menit, angkat kedua kaki dari lantai saat duduk dan putarlah pergelangan kaki Anda ke kedua arah. Kemudian luruskan kaki Anda. Kegiatan ini akan membantu menjaga darah dan cairan meregang dari kaki.

8. Pakaian, Gunakan pakaian yang nyaman dan enak buat gerak. Jangan yang bahannya panas, bahan katun lebih asyik. Kenapa ? Karena ibu hamil itu mudah berkeringat. Jika travelling ke iklim dingin bawa lah pakaian yang bisa mengcover seluruh badan.


9. Minum air putih & bergerak, Wanita hamil sangat rentan terhadap dehidrasi dan beresiko varises, sehingga bawalah buah-buahan kaya vitamin, seperti anggur, plums, jeruk atau apricots kering. Pastikan Anda membawa air mineral selama traveling.


10. Waktu, Waktu terbaik untuk ibu hamil melakukan trip adalah periode 14-28 minggu

11. Catatan Medis, Bawa catatan medis Anda dan daftar lokasi rumah sakit lokal dari kedutaan atau badan pariwisata.

12. Hindari Daerah Vaksinasi, Hindari trip ke negara yang mewajibkan imunisasi, karena dapat mengganggu janin

13. Istirahat cukup, Jika sudah di kota tujuan semua bisa lupa dan pastikan Anda istirahat cukup. Pilih tujuan wisata yang masih cukup nyaman untuk ibu hamil.


14. Sunblock, Kulit wanita hamil lebih sensitif, oleh karena itu gunakan pelindung matahari yang lebih kuat daripada yang biasanya.

15. Hindari menyelam dan olahraga air saat hamil.

16. Hindari paparan asap kendaraan, asap rokok dari para penghisap rokok, karena beresiko menimbulkan kecacatan pada bayi nantinya.

17. Perjalanan dengan mobil. Saat perjalanan wisata menggunakan mobil, rencanakan perjalanan singkat. Intensitas berhenti untuk istirahat harus lebih banyak. Keluarlah dari mobil saat istirahat dan renggangkan kaki Anda.

Jika Anda melakukan perjalanan lebih dari 4 jam, dapat memperbesar kemungkinan resiko terkena trombosis vena dalam, yaitu ketika gumpalan darah terbentuk di kaki dan dapat pula terjadi di bagian lain pada tubuh Anda.

Sebuah kasus serius bisa terjadi ketika bekuan darah tersebut mengalir ke paru-paru. Batasi mengemudi maksimal 6 jam sehari namun alangkah baiknya bila orang lain yang menyetir mobil ketika perjalanan wisata.


Segitu aja sich tips dari kami. Yang penting, nikmatilah traveling Anda. Pastikan Anda senang, maka si baby dalam kandungan akan ikut senang. Semoga bermanfaat...




dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment