Tuesday, January 24, 2017

9 Air Terjun Terindah di Sukabumi

Sukabumi adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang cukup dekat dengan Jakarta, Bandung dan Bogor. Wilayah ini banyak memiliki tempat wisata menarik dan indah untuk Anda di kunjungi.  Salah satunya berada kawasan Geopark Ciletuh. Di sini banyak terdapat Objek Wisata Alam yang menarik dengan pemandangan alamnya yang indah dan memesona. Salah satunya Tempat Wisata  Air Terjun atau Curug

Di lokasi ini setidaknya Anda dapat menemukan 9 Air Terjun Terindah Di Sukabumi yang mengalir dari Sungai Ciletuh dan Sungai Cikaret yang melintasi daerah Sukabumi seperti Air Terjun Curug Awang yang memiliki ketinggian 40 meter atau Air Terjun Cimarinjung yang dekat dekat Pantai Palangpang.

Berikut 9 Air Terjun Terindah Di Sukabumi yang dapat Anda nikmati bersama teman, kerabat atau keluarga saat berlibur ke kota Sukabumi.    

1. Air Terjun Curug Awang

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Awang berada pada aliran Sungai Ciletuh yang terletak di Desa Tamanjaya. Akses menuju ke air terjun ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama tiga menit dari tempat parkir. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter dan lebar 60 meter ini memiliki keindahan dengan dinding batu alam yang berwarna cokelat kemerahan sebagai karateristik dari air terjun ini yang begitu kuat dan tidak ada ditempat lainnya di dunia.

2. Air Terjun Curug Luhur

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Luhur terbentuk dari tiga air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan dibawahnya terdapat kolam dengan airnya berwarna hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat dilihat dengan jelas sedangkan yang satunya lagi agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur. Ketiga air terjun ini masing-masing memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebing mencapai 100 meter.

3. Air Terjun Curug Puncakjeruk

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Puncakjeruk juga berada pada aliran Sungai Ciletuh yang terletak di Desa Mekarjaya. Akses menuju air terjun ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit melalui jalan setapak dari jalan Desa Mekarjaya yang berbatasan dengan Kecamatan Waluran.

Air terjun setinggi 10 meter dengan lebar tebing sekitar 40 meter ini memiliki pemandangan yan asri dengan udaranya yang sejuk membuat Anda betah berlama-lama di alam yang sunyi dan menenangkan jiwa ini.

4. Air Terjun Curug Cikaret

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Terindah Di Sukabumi yang dapat Anda nikmati lainnya adalah Air Terjun Curug Cikaret yang berada pada aliran Sungai Cikaret. Air terjun ini terletak di Desa Mekarjaya. Akses menuju curug ini harus di tempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang menanjak selama 30 menit dari Kampung Neglasari, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.


5. Air Terjun Curug Puncakmanik

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Puncakmanik berjarak sekitar 600 meter dari Air Terjun Curug Tengah dan masih berada pada aliran Sungai Ciletuh yang merupakan batas antara Desa Tamanjayadan Desa Cibenda. Akses menuju curug ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui pematang sawah dan pegunungan bukit selama satu jam dari tempat parkir mobil.

Air Terjun Curug Puncakmanik merupakan Air Terjun Tertinggi di Sungai Ciletuh. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter yang terdiri dari dua undakan sebelum membentuk danau kecil yang kemudian kembali menjadi aliran Sungai Ciletuh.

6. Air Terjun Curug Tengah 

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Tengah nerupakan Air Terjun Terindah Di Sukabumi  lainnya yang dapat Anda nikmati keindahannya. Air terjun ini berjarak sekitar 200 meter dari Air Terjun Curug Awang dan masih berada pada aliran Sungai Ciletuh yang merupakan perbatasan antara Desa Tamanjaya dan Desa Cibenda. Akses menuju curug ini dapat di tempuh dengan berjalan kaki melalui pematang sawah selama lima belas menit dari tempat parkir mobil.

7. Air Terjun Curug Cikanteh

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Cikanteh terletak di Desa Ciwaru. Curug ini merupakan bagian teratas ari rangkaian tiga curug lainnya. Untuk menuju curug ini Anda harus berjalan kaki dari Curug Sodong melalui jalan setapak yang menanjak dan berbatu selama sekitar 30 menit serta menyeberangi sungai tanpa jembatan permanen.

Walupun air terjun ini kecil, Namun pemandangan dan suasananya sangat indah dan menakjubkan. Dibawah air terjun utama, Anda akan menemukan aliran sungai yang mengalir melalui tebing-tebing batu yang terlihat sangat indah dan menawan. 

8. Air Terjun Curug Sodong

Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Curug Sodong ini terletak di Desa Ciwaru. Curug ini dikenal juga dengan sebutan Curug Kembar atau Curug Pengantin sesuai dengan legendanya. Akses jalan menuju curug ini berbatu tetapi dapat dilalui dengan menggunakan mobil hingga tempat parkir hingga pelataran curug ke arah hulu sungai yang dapat juga Anda jumpai lain yaitu Curug Ngelai dan Curug Cikanteh.

Tempat yang satu ini sangat Instragramable di kawasan Geopark Ciletuh sehingga curug ini menjadi cukup terkenal di kalangan wisatawan. Air terjun setinggi 20 meter dapat dilihat dari kejauhan sehingga menciptakan pemandangan alam yang sangat fenomenal.

Tidak berbeda dengan air terjun lainnya dalam daftar kami, Di Air Terjun Curug Sodong Anda dapat menikmati kesegaran air terjun dengan aktivitas berenang atau sekedar duduk-duduk santai ditepi air terjun sambil berselfie ria menikmati keindahan alamnya.  

9. Air Terjun Curug Cimarinjung

 Air Terjun Terindah Di Sukabumi


Air Terjun Terindah Di Sukabumi yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Air Terjun Curug Cimarinjing yang terletak di Desa Ciemas yang juga merupakan curug yang paling dekat dengan Pantai Palangpang. Akses menuju curug ini relatif mudah. Anda cukup berjalan kaki selama tiga menit dari tempat parkir mobil. Ke arah hulu sungai, Anda juga dapat menemukan curug lain yang lebih kecil yaitu Curug Nyelempet dan Curug Dogdog.

Air terjun setinggi 40 meter berada pada tebing batu berwarna kecokelatan khas Geopark Ciletuh. Selain memiliki pemandangan yang indah, air yang jernih dari tempat ini Anda juga dapat menikmati pemandangan Samudera Hindia dari kejauhan.

Nah itulah 9 Air Terjun Terindah Di Sukabumi yang berada di kawasan Geopark Ciletuh sebagai sarana referensi Anda saat berlibur ke kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia yang sangat disyangkan jika Anda melewatinya begitu saja. 


Sumber : http://infonesiaterbaru.blogspot.co.id/2017/01/9-air-terjun-terindah-di-sukabumi.html

0 comments:

Post a Comment